PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG

Kantor: Jl. Dano Komplek Pacuan Kuda No. 01
Layanan: Jl. Mayor Abdurrahman No. 185

(0261) 2200412 | (0261) 201231
disarpussumedang@gmail.com

Senin s/d Sabtu
08.00–16:00

disarpus_sumedang : Pemeliharaan bahan pustaka dengan cara di fumigasi

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Melalui Bidang Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Arsip dan Perpustakaan pada seksi Pemeliharaan Arsip dan Perpustakaan telah mengadakan kegiatan pemeliharaan Bahan pustaka dengan cara di fumigasi di gedung pelayanan perpustakaan yang bertempat di jln. Mayor abdurachman no. 185 sumedang.

Fumigasi adalah tindakan pengasapan yang bertujuan mencegah, mengobati dan mensterilkan bahan pustaka. Fumigasi dilakukan agar buku-buku awet dan dijauhi oleh musuh bahan pustaka seperti kecoa, kutu buku, rayap, ngengat, silver fish dan sejenisnya.

Buku-buku yang sudah difumigasi akan awet dan tidak berubah warna. Karena biasanya, buku yang sudah lama akan berubah warna karena perubahan udara di sekitar atau karena pengaruh benda-benda organik yang ada di sekitarnya.

Fumigasi dilakukan di dalam ruangan kedap udara. Menggunakan bahan kimia atau pestisida yang dapat digunakan untuk membunuh serangga seperti Carbon disulfida (CS2), Carbon tetra chloride (CCl4), Methyl bromide (CH3B.

Maka dengan adanya kegiatan ini untuk sementara kegiatan pelayanan perpustakaan akan buka kembali pada hari selasa tanggal 13/08/2019.


Leave a Comment