PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG

Kantor: Jl. Dano Komplek Pacuan Kuda No. 01
Layanan: Jl. Mayor Abdurrahman No. 185

(0261) 2200412 | (0261) 201231
disarpussumedang@gmail.com

Senin s/d Sabtu
08.00–16:00

KARENA LITERASI AKU BISA MAJU

Literasi tentu memberikan dampak yang sangat besar terhadap perubahan hidup masyarakat yang senang mengembangkan ilmu pengetahuannya. Hal ini terjadi pada Restu Adhitia Rachman, siswa kelas XII Bahasa yang dulu dikenal karena marketing online dan penyanyi dangdut. Lantas bagaimana perubahannya sekarang?

Dulu ia dikenal mempunyai uang banyak karena berjualan online dan juga menjadi penyanyi dangdut, tapi sekarang ia mulai meninggalkan kedua pekerjaan sampingan itu. “ Sekarang dari awal masuk kelas 3 saya bener bener harus fokus belajar mengejar semua ketertinggalan saya, karena saya berharap bisa dapet beasiswa buat kuliah, biar gak terlalu membebani kedua orang tua saya. Dari kelas 2 SMA untuk penyanyi dangdut memang sudah benar benar off karena beberapa alasan, dan penjualan online pun saya jarang banget karena dari Januari saya sudah off karena banyak yang harus saya lakukan diluar. Sehingga saya males buat bisnis itu, apalagi nyanyi dipanggung. Saya percaya rezeki itu pasti datang dari mana saja. ”, ujar pelajar kelahiran Juli 2001 itu.

Terbukti apa yang dia harapkan yang menjadi tujuannya sedikit demi sedikit sudah mulai terwujud . Awal Oktober 2017 dia menjadi 6 impact terpilih yang diberangkatkan ke Jogjakarta dan menjadi salah satu narasumber penerima manfaat perpustakaan . Selanjutnya dia mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Najwa Shihab disalah satu acara yang diselenggarakan di Jakarta. Bulan berikutnya ia terpilih lagi untuk menjadi peserta Bandung Global Azure Bootcamp. Selanjutnya ia berangkat lagi ke Jogjakarta untuk mengikuti LSLC dan dilanjut ke Kota Solo , minggu berikutnya dia terpilih menjadi peserta MOP di Bogor dan juga Jakarta. Sebelum acara di Bogor juga dia sempat dipertemukan dengan Pak Dede Yusuf, Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat.  Mungkin banyak sekali kegiatan yang dia lakukan baik di Kota Kelahirannya Sumedang maupun di Luar Kota.

“ Mungkin ini yang dimaksud dengan rezeki yang tak terduga. Dalam status saya sebagai siswa SMA, saya sudah bisa naik pesawat, naik kereta, tidur di hotel berbintang, gratis lagi. Ditambah uang jajan yang dibilang lebih dari cukup buat anak SMA yang saya dapatkan dari kegiatan itu. Pengalaman yang sangat luar biasa dalam hidup saya ”, ujar anak itu.

Tidak pernah menyangka sebelumnya anak yang biasanya berkunjung ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku. Kini menjadi anak yang membanggakan dengan banyaknya prestasi ia raih dan pernah mendapat beasiswa juga dari Cirebon untuk anak berprestasi.

“ Karena Literasi saya bisa seperti ini ”, ujar dia.

(admin)


Leave a Comment