PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG

Kantor: Jl. Dano Komplek Pacuan Kuda No. 01
Layanan: Jl. Mayor Abdurrahman No. 185

(0261) 2200412 | (0261) 201231
disarpussumedang@gmail.com

Senin s/d Sabtu
08.00–16:00

Launching Buku dan Workshop Gerakan Ayo Menulis Ide Serempak ( Gamis ) 2019

PERPUSTAKAAN – Launching Buku Bunga Rampai, The man Call Me O’Clock dan Math Anak Usia Dini Serta Workshop Gerakan Ayo Menulis Ide Serempak (“GAMIS”) 2019

Seseorang melek huruf (bisa baca-tulis) mampu memahami semua bentuk komunikasi yang lain. Implikasi dari kemampuan literasi yang dia miliki ialah pada pikirannya. Literasi melibatkan berbagai dasar-dasar kompleks tentang bahasa seperti fonologi (melibatkan kemampuan untuk mendengar dan menginterpretasikan suara), arti kata, tata bahasa dan kelancaran dalam setidaknya satu bahasa komunikasi. Keterampilan ini menentukan tingkat yang dicapai oleh seorang individu.

Literasi memang tidak bisa dilepaskan dari bahasa. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila ia telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa yaitu membaca dan menulis. Jadi, makna dasar literasi sebagai kemampuan baca-tulis merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas. Dan cara yang digunakan untuk memperoleh literasi adalah melalui PENDIDIKAN

Berkaitan dengan hal tersebut MGMP Bahasa indonesia wilayah 2 Kabupaten Sumedang Bersama Bunda Literasi Kabupaten Sumedang Ibu Hj. Susi Gantini, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang  dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang bekerja sama mengadakan kegiatan Launching Buku Bunga Rampai, The man Call Me O’Clock dan Math Anak Usia Dini Serta Workshop Gerakan Ayo Menulis Ide Serempak (gamis) 2019 di Gedung Negara.

Pada acra kegiatan tersebut dihadiri pula Dirjen PAUD dan SD Kemendikbud RI serta Bunda Literasi Tingkat Kecamatan dan PGRI Sumedang, selain itu hadir pula sebagai peserta yaitu dari guru Paud/TK, SD dan SMP.

Kepala Bidang Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Eka Ganjar Kurniawan sangat mengapresiasi kegiatan Launching Buku tersebut dan kegiatan tersebut tak terlepas dari kegiatan literasi.

Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Jiji Atmadja menyebutkan kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang dalam mendongkrak minat baca di kabupaten Sumedang

Selain itu acara launching buku dan wokshop gerakan ayo menulis ide serempak (gamis) ini, merupakan kegiatan konkrit dalam upaya menyukseskan Visi Sumedang Simpati, salah satunya terwujud dan terciptanya budaya membaca masyarakat Sumedang. Dalam upaya untuk mengsukseskan minat baca di kabupaten sumedang Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang membidik target RPJMD dengan Jumlah kunjungan ke perpustakaan sebanyak 73.000 Orang pertahun, maka Upaya menciptakan masarakat literat perlu adanya motivasi dan teladan  salah satunya oleh para pendidik.

 


Komentar ditutup