PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG

Kantor: Jl. Dano Komplek Pacuan Kuda No. 01
Layanan: Jl. Mayor Abdurrahman No. 185

(0261) 2200412 | (0261) 201231
disarpussumedang@gmail.com

Senin s/d Sabtu
08.00–16:00

Pameran Informasi Teknologi (IT) dan Promosi Potensi Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2019

Disarpus : Pameran Informasi Teknologi (IT) dan Promosi Potensi Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2019 resmi dibuka oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir di Arena Pacuan Kuda Kelurahan Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara, Rabu (29/8/2019).

Pameran Informasi Teknologi (IT) dan Promosi Potensi Daerah Kabupaten Sumedang merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sumedang yang kali ini  dilaksanakan dari tanggal 28 Agustus sampai dengan tanggal 4 September 2019.

Ratusan Booth atau tenda pameran yang disediakan oleh panitia pameran diisi dari berbagai instansi pemerintah baik SKPD maupun BUMD/BUMN, serta para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Sumedang.

Pada kesempatan kali ini Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang ikut serta dalam Pameran Informasi Teknologi (IT) dan Promosi Potensi Daerah dengan menampilkan teknologi informasi yang di gunakan pada system pelayanan kearsipan dan pelayanan perpustakaan.

Terkait penerapan IT pada pelayanan kearsipan yaitu dengan menampilkan topologi jaringan JIKN, sedangkan untuk JIKN itu sendri adalah merupakan sebuah sistem jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip dinamis dan statis secara nasional dengan tujuan untuk mewujudkan layanan arsip dinamis dan statis sebagai memori kolektif Bangsa Indonesia secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah. Untuk menyajikan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan kepada publik.

Tidak hanya itu saja Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Melalui Pelayanan perpustakaan menampilkan teknologi imformasi berupa system otomasi perpustakaan (inlislite ) dan manajemen internet perpustakaan ( Kunang-kunang).

Aplikasi Inlislite adalah sebuah perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan dan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital / mengelola dan melayankan koleksi digital.

Aplikasi Kunang-kunang diluncurkan oleh program PerpuSeru bersama Solidaritas. Aplikasi Kunang-kunang berfungsi sebagai sistem informasi manajemen pengguna internet perpustakaan.

Kehadiran aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para pengelola perpustakaan untuk mengetahui data pengunaan internet, menganalisa, serta indentifikasi kebutuhan pemustaka. Selain itu, data yang terekam dalam Kunang-kunang bisa dibaca dan dijadikan sebagai bahan advokasi kepada pihak stakeholder untuk kepentingan pengembangan layanan perpustakaan. Melalui login di Kunang-kunang, pengguna internet juga dapat diketahui aktivitasnya dalam menggunakan internet. Tentunya data-data itu bisa dilihat di dasbor Kunang-kunang pada menu analisa. Antara lain yang bisa dianalisa yaitu profil pengguna internet (anggota dan tamu), frekuensi pengguna internet (hanya anggota), waktu menggunakan internet, perangkat yang digunakan mengakses internet (PC dan mobile), durasi mengakses internet.


Leave a Comment