PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG

Kantor: Jl. Dano Komplek Pacuan Kuda No. 01
Layanan: Jl. Mayor Abdurrahman No. 185

(0261) 2200412 | (0261) 201231
disarpussumedang@gmail.com

Senin s/d Sabtu
08.00–16:00

Pembinaan Pengelola Perpustakaan Tingkat Kabupaten Sumedang

Perpustakaan – Pembinaan Pengelola Perpustakaan digelar oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang, Kamis, 29 Agustus 2019 di Gedung Korpi Kabupaten Sumedang. Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya petugas perpustakaan umum, sekolah, perpustakaan desa/kelurahan serta pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kabupaten Sumedang.

Dengan Pembinaan Pengelola Perpustakaan ini nantinya diharapkan petugas-petugas perpustakaan di Kabupaten Sumedang dapat mengelola perpustakaan/ taman bacanya dengan baik. Sehingga perpustakaan sebagai sumber informasi bagi masyarakat akan berjalan dengan baik dan tentunya akan berpengaruh terhadap meningkatnya budaya baca masyarakat dan jumlah kunjungan.

Bimtek yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari ini, diikuti oleh para petugas perpustakaan umum, sekolah, petugas perpustakaan Desa/kelurahan dan taman baca masyarakat yang ada di Kabupaten sumedang dengan rincian perpustakaan umum 6 orang, perpustakaan sekolah 17 orang, Perpustakaan desa/kelurahan 17 orang dan petugas pengelola taman bacaan masyarakat 10 orang dengan jumlah semuanya adalah 50 orang. Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan Dispusipda Provinsi Jawa Barat dengan Sejumlah materi disampaikan oleh narasumber dari  Dispusipda Provinsi Jawa Barat Dra. Siti Herta Anggia dan Tuti Juliaty, S.Sos,.M.Mpd serta Narasumber dari Daerah Kabupaten Sumedang Yaitu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang H. Dikdik Sadikin, A.KS.,M.Si tidak hanya itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. H. Herman Suryatman, M.Si hadir dalam memberikan arahan sekaligus memotivasi para pengelola perpustakaan yang ada kabupaten sumedang.

Pada sesi terahir moderator Kegiatan Pembinaan Pengelola Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang menghadirkan pula narasumber yang berasal dari staf pelayanan dan pengembangan system perpustakaan dengan memberikan materi pengenalan system otomasi perpustakaan.

Pembinaan Pengelola Perpustakaan sudah menjadi tugas Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang untuk membina perpustakaan-perpustakaan yang ada di Sumedang, baik itu perpustakaan sekolah, perpustakaan desa/kelurahan, maupun taman baca masyarakat. Selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM petugas perpustakaan & taman baca melalui pemahaman pengelolaan perpustakaan, kegiatan ini juga sebagai sarana penguatan silaturahmi dan kerjasama antar perpustakaan maupun antar taman baca di Kabupaten Sumedang. Dengan kegiatan ini diharapkan nantinya dapat terjalin kerjasama yang sinergi, baik dengan pemerintah maupun dengan perpustakaan-perpustakaan dan taman baca di Kabupaten Sumedang.


Leave a Comment