PEMERINTAH KABUPATEN SUMEDANG

Kantor: Jl. Dano Komplek Pacuan Kuda No. 01
Layanan: Jl. Mayor Abdurrahman No. 185

(0261) 2200412 | (0261) 201231
disarpussumedang@gmail.com

Senin s/d Sabtu
08.00–16:00

Penataan Records Center Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang

Keberadaan arsip sangat berperan sebagai bukti yang akurat dari suatu kegiatan. Pada dasarnya keberadaan arsip tersebut sangat bergantung pada tempat penyimpanan arsip. Sebuah ketersediaan informasi yang terdapat pada arsip tidak akan berjalan dengan baik tanpa tersedianya tempat penyimpanan arsip dengan tata ruang dan fasilitas fisik yang mendukung. Sehingga penyelenggaraan kearsipan dinamis dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penyelenggaraan kearsipan yang baik adalah Standar Minimal Gedung, Ruang Penyimpanan Arsip, dan Fasilitas Fisik Untuk Arsip.

Dokumentasi : Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang


Di dalam Standar Minimal Gedung Dan Ruang Penyimpanan Arsip terdapat karakteristik dan ketentuan-ketentuan untuk mengadaptasikan tempat penyimpanan arsip yang sudah ada menjadi gedung/ ruang penyimpanan arsip yang dapat menjamin terpenuhinya prinsip-prinsip dan standar penyimpanan arsip.
Mayoritas arsip yang dihasilkan harus dipindahkan dari Unit Kerja ke tempat penyimpanan arsip secara keseluruhan agar dapat disimpan dengan aman, serta dapat digunakan sebagai sumber informasi dan kemudian dimusnahkan secara sistematis.
Pada hari jum'at, 9 Juli 2019 Dinas Arsip dan perpustakaan Kabupaten Sumedang melalui bidang Kearsipan yang di pimpin langsung Oleh Kepala Dinas medirikan satu ruangan khusus penyimpanan tempat untuk penyimpanan arsip dan Tempat ini disebut dengan pusat arsip atau Records Centre.
Pusat Arsip adalah Sebuah bangunan atau bagian dari sebuah bangunan yang dirancang atau disesuaikan untuk pemeliharaan arsip dengan biaya yang murah, penyimpanan arsip yang baik dan pengelolaan arsip inaktif untuk menunda kegiatan pemusnahan dan nasib akhir arsip. (Roper, 1999)
Fungsi pusat arsip adalah untuk mengelola arsip inaktif dan menyediakan arsip dengan cepat dan tepat ketika arsip tersebut dibutuhkan untuk digunakan sampai dengan waktu pemusnahan arsip. (Roper, 1999)


Leave a Comment